Thursday 13 March 2008

KURMA

Pagi kemaren saya ketemu dengan ibu - ibu tua yang sudah pantas kalau saya panggil eyang. Dari perbincangan, dari cara ngomong beliau sudah sangat terasa kalo beliau orang yang sabar dan sangat agamis. Dapat dilihat jelas setiap beliau berbicara atau mendengar suatu hal yang menakjubkan selalu membalas dengan ucapan-ucapan arab yang benernya saya gak ngerti maksudnya apa tapi perkiraan saya ucapan-ucapan itu ucap syukur buat Yang Esa.
Pagi itu yang membuat saya kagum adalah ketika beliau berkata :
"Wong ning donya iku obate ming siji KURMA"
:: "Orang hidup di dunia ini obatnya cuma satu (yaitu) KURMA" ::
[dalam batin saya sudah protes...emang KURMA bisa dijadiin obat yah?]
ternyata ada kelanjutannya...

"Obate Syukur lan Nrima. Yen kowe kaluwihan, syukur karo sing duwe urip,
yen kekurangan, iseh ana sing luweh kekurangan timbang kowe"
:: "Obatnya (ber)syukur dan terima (dengan lapang hati). kalau kamu
berlebihan (rejeki), bersyukurlah sama yang punya hidup (TUHAN - red), kalau kekurangan, masih banyak yang lebih kekurangan dibanding kamu"

Suatu penyerahan tipikal orang jawa menurut saya. Tapi bener juga benernya hidup akan lebih enak kalau semuanya berserah sama yang diatas. Suatu nasihat yang sangat "kena" buat saya.

PS. Terjemahan secukupnya oleh saya sendiri, diterjemahin sesuai dengan apa yang saya tangkap

No comments: